钱嗫
2019-05-23 11:21:00
发布时间:2018年1月4日下午6点02分
更新时间:2018年1月4日下午6:02

雅加达,印度尼西亚 - Kedua penulis kolom baru Rappler,Bincang Mantan,adalah antitesa pepatah yang mengatakan kalau sepasang bekas kekasih tidak bisa menjadi teman baik。 Di kolom ini,Adelia dan Bisma akan berbagi pendapat mengenai hal-hal acak,mulai dari hubungan pria-wanita hingga(mungkin)masalah serius。

Adelia: 工作/生活平衡 bukan sekadar mitos

Saya akan mulai dengan nyontek cuitan di Twitter:“Anak muda sekarang refresh terus,kapan nabungnya?”//“修补duitnya buat 刷新 daripada nabung cuma buat bayar rumah sakit。”

我个人非常重视工作生活的平衡 Berawal dari pengalaman buruk punya pekerjaan dan bos yang enggak kira-kira 要求 -nya,kirim Whatsapp dini hari,hobi nyuruh yang aneh-aneh,dan bikin mood jelek terus-terusan sampai kebawa ke rumah,saya jadi belajar 认为没有多少钱可以买到你的健康和理智。

Ketidakwarasan karena pekerjaan akhirnya cuma bisa dilampiaskan ke belanja besar-besaran sebagai justifikasi “在我获得这笔钱之后,我应该得到这个”。 Tapi ya,akhirnya saya sadar kalau hidup harusnya enggak cuma untuk mencapai ketenangan finansial(atau beli tas-tas lucu),dan banyak hal yang bisa bikin bahagia tanpa perlu mengorbankan kewarasan atau mengeluarkan uang banyak。 是的,有钱很好,毕竟在奔驰比在公共汽车上哭更好,但最后,金钱无法取代生活中最简单的乐趣。

“Iya,ngomong doang sih gampang, sis Ngelakuinnya gimana?“

工作/生活平衡 bukan sekadar mitos kok,tapi ini tergantung dari bagaimana kamu mengartikannya。

工作/生活平衡 tidak semata-mata tentang berapa jam yang kamu habiskan di kantor vs waktu yang kamu punya untuk main-main kok。 Buat saya, 它只是根据你最重视的东西来确定优先顺序

Tidak semua yang buka笔记本电脑saat ngumpul hidupnya tertekan,dan tidak semua orang yang harus nginap di kantor stres。 当我还是一名记者时,我这样做了,但那是我成年时最快乐的时光之一 - 仅仅因为我喜欢我在做什么,而我的工作让我感到自豪。 Kerja kan enggak melulu tentang uang,ada personal growth ,ada aktualisasi diri,dan ada kesenangan pribadi yang muncul。

Saya belajar dari teman-teman saya kalau ternyata 工作/生活平衡 bisa tercapai asalkan kita bisa tahu apa dan siapa saja yang terpenting dalam hidup,dan bagaimana selalu mengutamakan mereka。 这并不总是与在家吃晚餐或休息一周躺在僻静的海滩上有关,更多的是做一些带给你快乐的事情,带给你所爱的人快乐。

Selain prioritas,yang terpenting adalah untuk mensyukuri hal-hal kecil dan sederhana,karena kebahagiaan enggak harus perlu banyak usaha。 Daripada sibuk menyempatkan 约会之夜 dengan pasangan seminggu sekali untuk 赶上 ,saya lebih senang tidur sejam lebih terlambat untuk sekedar ngobrol atau online shopping bareng。 Daripada menabung susah-susah untuk liburan bersama keluarga(yang bikin kamu harus kerja ekstra keras demi dapat uang lembur),saya lebih suka menyempatkan nginap di rumah orang tua untuk sekedar bisa ngobrol di depan televisi sambil menertawakan Andre-Sule。

不要把简单的快乐视为理所当然,更重要的是,不要把自己视为理所当然,因为真的,金钱和你的顶级职业不能取代你的理智,健康和幸福。

Bisma:Kerjalah untuk hidup,jangan hidup untuk kerja

Saya suka sedih melihat teman-teman saya yang hidupnya cuma untuk bekerja。 Pernah pada suatu bulan Ramadan,waktu saya lagi sahur dan buka Path, timeline saya dipenuhi post teman-teman yang masih di kantor berkutat dengan pekerjaannya。 Sedangkan saya,sudah nyaman sama keluarga sama-sama di meja makan。

Atau cerita lain lagi,saya sering tuh janjian sama teman untuk hangout waktu 在办公时间 atau pas 周末之后。 Tapi di waktu yang jelas-jelas bukan jam kerja itu pun kadang mereka bawa laptop untuk nyicil pekerjaan atau dikejar 截止日期

Memang sih itu sudah tuntutan pekerjaan mereka,dan mungkin mereka dibayar mahal untuk itu。

Saya juga bukan yang muluk-muluk amat untuk kerja cuma 8 jam sehari sih,karena kadang waktu segitu memang enggak cukup。 Kadang kerja sampai 12 jam oke lah,tapi ya enggak setiap hari juga。 Masa iya dari 24 jam waktu sehari,setengahnya atau lebih setiap hari kita pakai untuk kerja? Bahkan 周末 juga?

Kalau saya,saya enggak akan mau dibayar berapapun juga untuk“menjual”hidup saya kayak gitu。 Dunia ini terlalu luas dan ada terlalu banyak manusia dengan cerita dan karakter unik yang bisa kamu temukan di luar sana,kalau aja kamu mau beranjak dari kerjaan kamu。

Mungkin gaji saya enggak sebesar orang-orang yang kerjanya siang malam itu,tapi saya bisa lho setiap hari jam 6 sore udah main sama keponakan sambil nemenin ibu saya nonton televisi。 Kalau ada ajakan hangout pun saya nyaris enggak mungkin menolak dengan alasan pekerjaan。 Selain itu saya masih bisa menyalurkan hobi主钢琴dan masak saya,bisa主游戏 ,bisa nulis artikel semacam ini,nulis cerpen,atau bahkan tidur jam 7 malam biar puas。 Pokoknya banyak banget hal yang bisa saya lakukan kalau aja saya tidak seharian mengurusi pekerjaan,dan gaji saya tetap cukup untuk hidup。

不,sekarang saya pasti terdengar seperti tipe orang yang selalu bicara“hidup itu jalanin aja,yang penting hidup tenang”kan? Tipe orang yang tidak ada ambisinya。

大不!! karena saya adalah orang yang super ambisius dan punya berbagai target。 Justru dengan saya membatasi waktu bekerja saya,saya bisa melakukan hal-hal yang nantinya membawa saya ke cita-cita saya tersebut。

Sebagai contoh,di luar kantor saya yang sekarang,saya tergabung juga sebagai konsultan hukum di kantor hukum yang dikelola oleh saya dan beberapa teman saya。 Selain itu saya juga adalah salah satu pendiri organisasi non-profit yang memberikan pendidikan hukum kepada masyarakat luas,dan saya udah diundang kemana-mana sekarang。 Saya yakin kegiatan ini akan membawa saya mencapai berbagai ambisi saya suatu hari nanti。

Nah,waktu yang saya pake untuk ngurusin kegiatan itu adalah 在办公时间 周末 atau 周末 Enggak mungkin saya bisa ngerjain ini itu kalo kerjaan saya cuma berkutat dengan pekerjaan。

Tuhan memberi waktu kita 24 jam sehari itu pastilah dengan perhitungan yang tidak main-main。 Waktu 24 jam pastilah cukup buat kita bisa bekerja,punya kehidupan sosial,istirahat,berwisata,dan untuk mengejar ambisi kita。 Tinggal kita aja pintar-pintar atur waktu itu。

Kita manusia dengan kecerdasan luar biasa,tidak diciptakan Tuhan cuma untuk bekerja membantu orang lain untuk menggapai ambisinya sampai kita lupa bahwa kita juga punya hidup dan ambisi。 Sayangnya banyak orang yang lupa dengan hal ini karena ada iming-iming gaji yang besar。

Bayangin deh ketika kita udah di usia pensiun,kira-kira mana yang lebih membahagiakan untuk dikenang,“Saya berhasil jadi CEO di perusahaan multinasional milik orang lain karena kerja siang malam”atau“Saya melewati hidup saya dengan keluarga dan teman,menjalani berbagai minat saya ,dan menggapai ambisi saya sendiri“。

Iya,banyak uang memang menggoda,tapi coba deh sejenak diam dan renungkan。

是不是真的值得吗?

-Rappler.com

Adelia adalah mantan记者Rappler yang kini berprofesi sebagai konsultan公关,sementara Bisma adalah seorang konsultan hukum di Jakarta。 Keduanya bisa ditemukan dan diajak bicara di @adeliaputri dan @bismaaditya